STRATEGY CONTENT MARKETING | www.jasaandroidbekasi.com
Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.
Dari pengertian di atas, content marketing haruslah memenuhi tiga syarat penting, yaitu penting, relevan, dan konsisten. Itu sebabnya kamu tidak boleh asal dalam membuat suatu konten untuk kepentingan bisnis. Misalnya, bila kamu mengelola bisnis kuliner, tentu konten yang perlu diproduksi dan disebarkan adalah konten yang relevan dengan industri tersebut.
Selain relevan, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target konsumen. Konsistensi juga menjadi elemen penting dalam konten marketing. Kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik pelanggan.
Content strategy adalah menyusun strategi konten sesuai dengan sasaran dan tujuan dari bisnis. Konten adalah inti dari strategi yang kamu susun ini, lengkap dengan konten seperti apa yang kamu inginkan, ke mana saja distribusinya, berapa biayanya, serta bagaimana kamu mengukur keberhasilan dari konten tersebut.
Namun, content strategy sebenarnya tidak khusus untuk konten pemasaran saja, lho. Kamu harus merencanakan keseluruhan konten dengan detail, mulai dari konten pemasaran, CSR, dan lain-lain. Nantinya, dari content strategy ini kamu bisa membuat content plan berisi kategori-kategori dan detail konten yang akan dibuat dalam jangka bulanan atau mingguan.
Menggunakan situs web atau blog sebagai content marketing bisa menjadi pilihan pertama yang dapat kamu coba. Kamu juga bisa mengaplikasikan strategi SEO dan SEM ke dalamnya. Selain itu, metode ini merupakan salah satu strategi content marketing yang dapat kamu temui dengan mudah.
Sesuai namanya, content marketing infografik menggunakan berbagai data, informasi, dan pengetahuan dalam bentuk grafik. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses marketing. Calon pelanggan juga akan lebih mudah menyerap informasi mengenai produk yang kamu jual.
Untuk dapat memahaminya lebih lanjut, kamu bisa melihat berbagai contoh content marketing infografik yang telah Michael Schmitz himpun di media berbagi foto, Pinterest. Oiya, kamu harus memiliki kemampuan mendesain, analisis informasi, dan storytelling yang cakap untuk dapat menyusun strategi ini dengan baik.
Strategi content marketing keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan video. Kamu bisa merekam video pemasaran lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial atau layanan berbagi video daring. Perhatikan pula kualitas videonya, buatlah video yang mampu menggambarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan baik.
Gary Varchenuk merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan strategi ini. Ia telah memasarkan berbagai produk melalui sebuah kanal YouTube, salah satunya adalah bisnis anggur milik keluarganya.
Kamu pasti jarang atau bahkan tidak pernah mendengar strategi content marketing melalui media buku, kan? Metode ini memang cukup merepotkan karena mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya cetak buku yang tidak murah.
Akan tetapi, content marketing menggunakan media buku dapat kamu jadikan pilihan karena unik dan masih jarang kita jumpai di Indonesia. Book Yourself Solid merupakan contoh nyata yang telah sukses menjual berbagai produk menggunakan metode ini.
Fungsi Strategy Content Marketing
Menyusun content strategy adalah caramu untuk menentukan arah yang tepat agar tujuan tercapai menggunakan konten. Tanpa strategi yang disusun baik, akan sulit untuk memulai proses dari eksekusi hingga mendapatkan hasil. Selain itu, penyusunan strategi konten adalah cara untuk mengoptimasi alur kerjamu. Dengan menyusun content strategy, kamu akan teringat untuk mendapatkan masukan dari pelanggan prospek, rekan kerja, dan orang-orang lainnya sehingga strategimu bisa lebih efektif dan juga efisien.
Bahkan, menurut HubSpot, penyusunan strategi untuk konten juga dapat meningkatkan traffic dan memberimu kesempatan untuk bereksperimen dengan taktik marketing lainnya. Hal ini bisa membantumu mendapat lebih banyak keuntungan, misalnya lewat konten bersponsor, iklan di media sosial, dan konten yang didistribusi. Tak hanya itu, kontenmu juga bisa lebih dipastikan mampu meningkatkan brand awareness pada calon konsumen yang cocok dengan target bisnismu.
Selain memiliki manfaat yang sangat banyak dari penerapan content marketing. Terdapat pula fungsi-fungsi yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan kamu tentang content marketing. Salah satu fungsinya adalah membangun dan mempertahankan identitas Brand yang terkait dengan pelanggan kamu dengan sukses. Berikut ini fungsi dari content marketing :
- Lebih unggul secara kompetitif di antara para kompetitor bisnis kecil yang tidak menggunakan pemasaran konten.
- Menjalin hubungan jangka panjang dan terpercaya dengan pelanggan dan mitra bisnis.
- Konsisten menghasilkan lebih banyak traffic web dan media sosial yang digunakan oleh bisnis.
- Menjadikan lebih banyak pengunjung situs web dan media sosial bisnis kecil menjadi suatu prospek dan berujung kepada peningkatan penjualan.
Comments
Post a Comment