STRATEGY CONTENT MARKETING | www.jasaandroidbekasi.com

 

STRATEGY CONTENT MARKETING






    Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.

    Dari pengertian di atas, content marketing haruslah memenuhi tiga syarat penting, yaitu penting, relevan, dan konsisten. Itu sebabnya kamu tidak boleh asal dalam membuat suatu konten untuk kepentingan bisnis. Misalnya, bila kamu mengelola bisnis kuliner, tentu konten yang perlu diproduksi dan disebarkan adalah konten yang relevan dengan industri tersebut.

    Selain relevan, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target konsumen. Konsistensi juga menjadi elemen penting dalam konten marketing. Kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik pelanggan.

    Content strategy adalah menyusun strategi konten sesuai dengan sasaran dan tujuan dari bisnis. Konten adalah inti dari strategi yang kamu susun ini, lengkap dengan konten seperti apa yang kamu inginkan, ke mana saja distribusinya, berapa biayanya, serta bagaimana kamu mengukur keberhasilan dari konten tersebut.

    Namun, content strategy sebenarnya tidak khusus untuk konten pemasaran saja, lho. Kamu harus merencanakan keseluruhan konten dengan detail, mulai dari konten pemasaran, CSR, dan lain-lain. Nantinya, dari content strategy ini kamu bisa membuat content plan berisi kategori-kategori dan detail konten yang akan dibuat dalam jangka bulanan atau mingguan.




1. Situs Web

    Menggunakan situs web atau blog sebagai content marketing bisa menjadi pilihan pertama yang dapat kamu coba. Kamu juga bisa mengaplikasikan strategi SEO dan SEM ke dalamnya. Selain itu, metode ini merupakan salah satu strategi content marketing yang dapat kamu temui dengan mudah.

2. Infografik

    Sesuai namanya, content marketing infografik menggunakan berbagai data, informasi, dan pengetahuan dalam bentuk grafik. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses marketing. Calon pelanggan juga akan lebih mudah menyerap informasi mengenai produk yang kamu jual.

    Untuk dapat memahaminya lebih lanjut, kamu bisa melihat berbagai contoh content marketing infografik yang telah Michael Schmitz himpun di media berbagi foto, Pinterest. Oiya, kamu harus memiliki kemampuan mendesain, analisis informasi, dan storytelling yang cakap untuk dapat menyusun strategi ini dengan baik.

3. Video

    Strategi content marketing keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan video. Kamu bisa merekam video pemasaran lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial atau layanan berbagi video daring. Perhatikan pula kualitas videonya, buatlah video yang mampu menggambarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan baik.

    Gary Varchenuk merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan strategi ini. Ia telah memasarkan berbagai produk melalui sebuah kanal YouTube, salah satunya adalah bisnis anggur milik keluarganya.

4. Buku

    Kamu pasti jarang atau bahkan tidak pernah mendengar strategi content marketing melalui media buku, kan? Metode ini memang cukup merepotkan karena mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya cetak buku yang tidak murah.

    Akan tetapi, content marketing  menggunakan media buku dapat kamu jadikan pilihan karena unik dan masih jarang kita jumpai di Indonesia. Book Yourself Solid merupakan contoh nyata yang telah sukses menjual berbagai produk menggunakan metode ini.


Fungsi Strategy Content Marketing

    Menyusun content strategy adalah caramu untuk menentukan arah yang tepat agar tujuan tercapai menggunakan konten. Tanpa strategi yang disusun baik, akan sulit untuk memulai proses dari eksekusi hingga mendapatkan hasil. Selain itu, penyusunan strategi konten adalah cara untuk mengoptimasi alur kerjamu. Dengan menyusun content strategy, kamu akan teringat untuk mendapatkan masukan dari pelanggan prospek, rekan kerja, dan orang-orang lainnya sehingga strategimu bisa lebih efektif dan juga efisien.

    Bahkan, menurut HubSpot, penyusunan strategi untuk konten juga dapat meningkatkan traffic dan memberimu kesempatan untuk bereksperimen dengan taktik marketing lainnya. Hal ini bisa membantumu mendapat lebih banyak keuntungan, misalnya lewat konten bersponsor, iklan di media sosial, dan konten yang didistribusi. Tak hanya itu, kontenmu juga bisa lebih dipastikan mampu meningkatkan brand awareness pada calon konsumen yang cocok dengan target bisnismu.

    Selain memiliki manfaat yang sangat banyak dari penerapan content marketing. Terdapat pula fungsi-fungsi yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan kamu tentang content marketing. Salah satu fungsinya adalah membangun dan mempertahankan identitas Brand yang terkait dengan pelanggan kamu dengan sukses. Berikut ini fungsi dari content marketing :





    Bisa dibilang, content marketing adalah salah satu cara pemasaran yang sangat efektif apabila dikelola dengan baik.

    Anda pasti sering mendengar berbagai pepatah tentang hal-hal yang berkaitan dengan konten, seperti “Satu gambar bermakna ribuan kata,” yang berarti ada begitu banyak pesan di balik sebuah gambar, atau “Buku adalah jendela dunia,” yang berarti tulisan juga bisa memberikan dampak yang luar biasa.

    Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda bisa mencapai berbagai tujuan, tak terkecuali dalam hal bisnis.

    Singkatnya, tujuan content marketing adalah untuk mempromosikan bisnis Anda melalui konten yang dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan exposure dan engagement. Jika diuraikan, ada beberapa poin yang sebenarnya perlu Anda ketahui mengenai tujuan dan manfaat content marketing.

Berikut tujuan content marketing untuk bisnis Anda:


    Bisnis yang memiliki konten yang menarik akan menciptakan kesan bahwa mereka benar-benar serius menjalankan bisnisnya. Calon pelanggan pun bisa melihat bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

    Pelanggan yang merasakan kesan ini saat kali pertama membaca atau menyimak konten Anda pasti akan menaruh kepercayaannya pada bisnis Anda. Dengan demikian, mereka pun akan terus kembali melihat konten Anda, yang pada akhirnya bisa turut meningkatkan konversi.


    Selanjutnya, setelah pelanggan mendapatkan kesan pertama yang bagus dan menaruh kepercayaan pada bisnis Anda, mereka pun akan dengan senang hati melakukan promosi secara sukarela.

    Baik langsung maupun tidak langsung, mereka berkenan memperkenalkan bisnis Anda kepada teman-teman maupun keluarganya. Hingga akhirnya, proses ini terjadi berulang-ulang dan bisnis Anda pun makin dikenal secara luas.


    Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya, apabila bisnis Anda semakin dikenal, otomatis traffic yang masuk ke website Anda pun akan meningkat. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda, karena traffic yang tinggi tentu saja akan mendatangkan lebih banyak pemasukan.

    Selain itu, kalau Anda juga menerapkan content marketing strategy melalui website atau blog, peringkatnya juga akan meningkat di Google dalam hal SEO.


    Seiring dengan meningkatnya traffic ke website Anda, peluang konversi juga bertambah. Dengan konten yang berkualitas, Anda bisa “merayu” atau membujuk pengunjung untuk membeli produk Anda.

    Nah, maka dari itu, penting bagi Anda untuk memaksimalkan konten dari berbagai sisi, baik konten gambar, copywriting, maupun video di berbagai channel bisnis Anda yang bisa dijangkau calon pengunjung.


    Pelanggan yang menyukai konten Anda dijamin akan terus kembali mengunjungi website atau media yang Anda gunakan untuk berbagi konten. Misalnya saja, Anda membuat strategi content marketing melalui media sosial seperti Instagram.

    Kalau bisa mempertahankan kualitas konten, orang-orang pasti akan follow akun Anda, dan tetap mengikuti konten yang Anda upload di sana. Jadi, semua tujuan content marketing ini sebenarnya bagaikan rantai yang saling terkait.


    Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentu saja tujuan dan manfaat content marketing adalah mengembangkan relasi dan partnership dengan bisnis lainnya.

    Dengan menerapkan strategi content marketing bagi bisnis, Anda pun bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan lain, hingga akhirnya melakukan ekspansi bisnis. Memang luar biasa content marketing ini!



Itu lah penjelasan mengenai Strategy Content Marketing yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan dan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.jasaandroidbekasi.com

KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3

Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111


Comments