VIRAL MARKETING | www.jasaandroidbekasi.com

 

VIRAL MARKETING







    Viral marketing adalah strategi pemasaran yang mengandalkan audiens untuk menghasilkan pesan produk atau layanan dari suatu bisnis.Umumnya seseorang akan membuat konten video atau visual yang sesuai dengan audiens target mereka. Kemudian konten tersebut akan dibagikan hingga viral.
Ketika kampanye pemasaran menjadi viral, maka penjualan, keterlibatan pelanggan, dan brand awareness perusahaan atau bisnis akan meningkat secara drastis. Sehingga tidak heran apabila kini ada banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini untuk mengoptimalkan pemasaran mereka.

        Beberapa pakar mengatakan bahwa pemasaran viral adalah model pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mouth/WOM) dengan media Internet. Ferguson (2008) mengatakan bahwa hasil yang diinginkan dari pemasaran viral adalah pemasaran WOM, yaitu dimana seseorang mengatakan kepada orang lain tentang sebuah video yang bagus di YouTube ataupun sebuah aplikasi di Facebook. Istilah WOM yang paling awal dikemukakan oleh Arndt (1967) yang mengkarakterisasi WOM sebagai oral, komunikasi dari seseorang dengan orang lain antara si penerima dan komunikator dimana si penerima merasakan sebagai sesuatu yang bukan komersial, berkaitan dengan merek, produk ataupun jasa. Yang membedakan WOM dan pemasaran viral adalah media yang digunakan dimana pemasaran viral menggunakan media elektronik dan WOM menggunakan media langsung antar orang. Shukla (2010) mengutip dari Juvertson (2000) mengatakan, apabila digunakan secara offline maka itu disebut WOM dan apabila digunakan secara online maka itulah yang disebut pemasaran viral. Sedangkan persamaannya adalah penyebaran pesan dari satu individu ke individu lainnya. Melalui internet diharapkan penyebarannya berlangsung cepat dan masif. Jadi tidak heran kalau situs-situs jejaring sosial menjadi target dari para pemasar untuk mempromosikan tentang apapun secara umum dan produk atau jasa khususnya dalam bidang bisnis.




        Kelebihan pertama dari viral marketing adalah murah. Bayangkan jika kamu melakukan marketing di media massa atau billboard. Kamu akan mengeluarkan banyak uang untuk membayar atau menyewanya. Sementara itu, dengan viral marketing, kamu hanya perlu mengunggahnya di media sosial. Biaya yang dibutuhkan pun jauh lebih murah daripada jenis marketing pada umumnya.

        Baik perusahaan besar maupun kecil memiliki kesempatan yang sama untuk menjangkau audiens yang luas. Produk atau jasa yang kamu tawarkan berpotensi dilihat oleh audiens dari berbagai lokasi dan level. Dengan kata lain, tidak ada batasan audiens yang akan melihat kontenmu, seperti dikutip dari Cyberclick.

        Pernahkah kamu melihat film favoritmu di televisi, tetapi banyak dipotong oleh iklan yang tidak kamu inginkan? Setiap iklan, muncul perusahaan yang sama untuk memasarkan produk mereka. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi pada viral marketing. Salah satu keunggulan viral marketing adalah audiens yang memiliki inisiatif untuk membagikan kontenmu. Tanpa kamu minta, mereka akan membagikan konten yang mereka suka dan secara tidak langsung berperan besar dalam memperluas pemasaranmu.

        Kelebihan viral marketing yang terakhir adalah meningkatkan brand awareness. Sebuah viral marketing dikatakan berhasil jika mampu menyisipkan informasi mengenai perusahaan tersebut dengan cara yang menarik bagi audiens. Kemudian, audiens akan membagikan kontenmu yang mereka suka kepada followers-nya. Secara tidak langsung, mereka semua akan mengenal brand-mu.



    Internet memang dapat memungkinkan sebuah konten pemasaran viral untuk dibagikan dengan mudah dan cepat. Namun, perlu diketahui bahwa ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

        Tidak jarang viral marketing memicu respon yang tidak sesuai dengan harapan atau tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Ini karena pengguna media sosial cenderung membagikan berita negatif dibandingkan dengan berita positif.
        Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang memiliki respon emosional yang lebih kuat ketika berhadapan dengan berita negatif. Padahal berita negatif dapat merusak bisnis dan terkadang sulit untuk dipulihkan kembali.

        Di sisi lain, efek dari pemasaran viral juga sulit untuk diukur karena marketer akan sulit untuk menentukan apakah terdapat prospek atau penjualan yang dihasilkan dari pemasaran viral yang akan dilakukan. Lebih lanjut, tidak ada kesepakatan atau konsensus di antara bisnis tentang bagaimana cara mengukur keberhasilan dari efek pemasaran viral.
        Untuk itu, pemasaran viral menjadi strategi yang sulit untuk diprediksi dan berkemungkinan untuk hit atau miss, tergantung dari ketertarikan dan minat pengguna internet terkait konten yang diviralkan itu sendiri.

        Bagaimana mungkin konten pemasaran viral memiliki tingkat viral yang rendah? Hal ini bisa menjadi sangat mungkin. Sebagai seorang marketer, Anda mungkin sudah memikirkan strategi untuk membuat konten viral marketing yang menarik dan diharapkan viral. Namun kenyataannya, konten tersebut memiliki tingkat viral yang rendah atau dapat dikatakan tidak viral, berbanding terbalik dengan harapan atau target Anda sebelumnya.
        Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan besar konten Anda dianggap spam oleh orang-orang yang melihatnya. Mengingat hal ini bisa saja menimbulkan kesan yang berbeda di beberapa orang.





    Untuk membantu Anda lebih memahami apa itu viral marketing, berikut kami jabarkan jenis-jenis viral marketing yang perlu Anda ketahui.

        Jenis viral marketing yang pertama ialah konten yang dapat menghasilkan reaksi emosional, seperti senang, marah, sedih, atau terharu. Untuk membuat konten viral marketing yang emosional, Anda perlu menggunakan emosi Anda untuk membagikan konten tersebut kepada orang-orang yang Anda kenal, dan akhirnya tersebar luas dan menjadi viral.

        Pemasaran viral jenis ini umumnya digunakan oleh organisasi untuk meningkatkan basis pelanggan mereka. Umumnya orang-orang akan membagikan kode atau voucher mereka untuk orang-orang disekitarnya, dan kemudian mendapatkan insentif atau keuntungan dari setiap penggunaan kode tersebut.

        Perlu diketahui bahwa konten viral marketing yang viral bukan hanya sekadar tindakan acak yang dilakukan oleh seseorang untuk mempromosikan kampanye mereka. Namun, viral marketing dapat berupa strategi kampanye pemasaran yang sengaja dibuat dan direkayasa untuk membuat konten mereka menjadi viral dan diketahui oleh banyak orang.

        Konten viral tidak selamanya dapat viral seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, tak jarang pemasaran viral bergantung pada banyaknya keberuntungan yang mereka miliki.
        Meskipun konten tersebut memiliki kualitas yang bagus sekalipun, namun ini tidak menutup kemungkinan bahwa konten tersebut bisa saja memiliki tingkat viral yang rendah atau bahkan tidak viral sama sekali.
        Ini karena terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi penyebaran konten itu sendiri. Seperti waktu yang tidak tepat, konten yang tidak menarik, terdapat berita yang lebih menarik, atau bahkan karena adanya perbedaan perspektif.

        Pemasaran viral jenis ini adalah jenis yang paling umum, di mana pengguna akan menyampaikan atau berbagai pesan kepada orang lain secara terus menerus, hingga membuat pemasaran itu sendiri terus berjalan seperti tiada akhir.
        Misalnya seperti konten meme yang terus menerus dibagikan dari satu orang ke orang berikutnya secara terus menerus. Meskipun meme itu telah dibuat beberapa tahun lalu, namun selagi meme itu masih relevan, maka tidak menutup kemungkinan untuk meme itu terus terus viral di masa depan.

        Jenis pemasaran viral yang terakhir adalah pemasaran yang menggunakan buzz untuk menarik perhatian publik. Umumnya, konten yang menggunakan buzz adalah iklan atau pesan kontroversial yang diteruskan. Sehingga dapat menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan pengguna internet dan akhirnya menyebar dengan mudah hingga viral.




    Seperti namanya, viral marketing bekerja dengan cara diviralkan atau disebarluaskan dengan sangat cepat seperti sebuah virus. Saat ini, sebagian besar viral marketing modern dilakukan di media sosial, mengingat kini hampir semua orang memiliki kehidupan yang tak terlepas dari media sosial.
        Sementara itu, cara kerja pemasaran viral ini dapat diilustrasikan seperti sebuah meme yang mendapatkan popularitas tinggi. Cara penyebaran meme berjalan seiring dengan prinsip untuk menjadi viral. Orang-orang akan membagikan konten tersebut dengan sangat cepat dalam waktu singkat, dan membuat konten tersebut menjadi perbincangan banyak orang dengan menekan tombol “like” dan “share”.




    Pemasaran viral adalah cara pemasaran yang berbasis pada internet. Penekanan kata viral adalah untuk menggambarkan bagaimana pesan-pesan yang disampaikan melalui media internet dengan cepat menular bagaikan virus namun dalam konotasi positif, bukan seperti virus yang sifatnya merusak perangkat lunak komputer. Pemasaran viral dianalogikan dengan pemasaran dari mulut ke mulut atau word-ofmouth yang penyebaran pesannya dilakukan dari satu pihak kepada pihak lain. Dalam
pemasaran viral diharapkan terjadi efek multi ganda karena dari satu orang yang menerima pesan dapat menyampaikan kepada puluhan bahkan ratusan pengguna internet lainnya. 

        Bentuk-bentuk pemasaran viral antara lain e-mail, blog, situs jejaring sosial, video viral, e-books viral. Sebagaimana teknologi informasi yang terus berkembang maka bentuk-bentuk pemasaran viral juga akan terus berkembang dan semakin bervariasi. Tetapi satu yang tidak tidak dapat dipungkiri adalah pengguna internet yang sangat banyak adalah magnit bagi orang ataupun perusahaan yang melakukan pemasaran viral. Pengguna tersebut tesebar melalui e- mail, blog dan situs jejaring sosial yang ada di internet. Media-media inilah yang dapat dimanfaatkan oleh para pemasar sebagi peluang menjaring peminat ataupun pelanggan dengan menggunakan cara-cara pemasaran viral.


Itu lah penjelasan mengenai Viral Marketing yang perlu anda ketahui. Semoga pembahasan dan informasi yang disampaikan dapat bermanfaat ya.

Tunggu apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.jasaandroidbekasi.com

KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3

Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Comments