BRAND & BRANDING | www.jasaandroidbekasi.com
Brand atau merek adalah seperangkat asset atau kewajiban, yang ditautkan dengan nama atau simbol, yang dapat menambahkan atau mengurangi nilai suatu produk atau jasa. Menurut Aaker, keberadaan brand atau merek sangat penting sebagai penanda, yang nantinya akan memudahkan konsumen dalam mengenali suatu produk, dan membantu melindungi keberadaan suatu produk dari kompetitor.
Sementara menurut Kotler dan Keller (2009), brand adalah nama, istilah, bentuk, simbol atau kombinasi dari aspek-aspek tersebut, yang menjadi identitas suatu produk atau jasa, sehingga menjadi pembeda dengan kompetitornya.
Dalam perspektif brand sebagai merek dagang, maka menurut Undang-Undang Merek Nomor 15 tahun 2001 pasal 1 ayat 1, merek adalah “tanda” yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Dalam perkembangan teknologi belakangan ini, segala bentuk, suara, hologram bahkan aroma juga dimasukkan dalam lingkup definisi merek atau brand.
Brand voice merupakan kepribadian brand yang harus kamu wujudkan secara konsisten dalam setiap komunikasi, termasuk pada konten media sosial.
Hal ini bermanfaat untuk memanusiakan brand kamu, agar target audiens dapat mengingat brand dengan mudah dan membedakannya dengan kompetitor.
Identitas brand meliputi berbagai aspek yang berfungsi agar konsumen bisa mengenali brand kamu ketika melihat identitas tersebut.
Aspek-aspek tersebut di antaranya adalah:
Setiap brand pasti punya nilai, prinsip, visi, dan misi yang berbeda-beda. Produk atau jasa yang berkualitas saja terkadang tidak cukup. Konsumen juga mencari brand yang bisa menambahkan nilai pada apa yang ditawarkan. Nilai tersebut haruslah berarti dan relatable bagi konsumen agar mereka semakin merasa adanya keterikatan dengan brand.
Misalnya dengan melakukan branding bahwa untuk setiap pembelian, konsumen ikut berkontribusi menyelamatkan bumi karena produkmu ramah lingkungan.
Nah, brand promise adalah langkah lanjutan dari value yang telah dibangun, yaitu bagaimana cara kamu mengomunikasikannya pada khalayak. Hal ini juga meliputi mission statement yang pastinya membutuhkan komitmen untuk mewujudkannya. Publik kemudian bisa menilai seberapa besar komitmen brand dalam memenuhi janjinya.
Pada elemen yang satu ini, kamu perlu menentukan segmentasi pasar seperti apa yang akan kamu incar. Kamu harus tahu kelompok mana yang paling membutuhkan produk atau jasamu. Proses menyusun brand targeting meliputi perumusan demografi, karakteristik, dan persona konsumen lainnya.
Setelah mengidentifikasi target pasar, kamu pasti akan menyadari bahwa yang menawarkan barang dan jasa serupa tidak hanya kamu saja, tetapi ada banyak kompetitor lainnya. Lantas, apa yang membedakanmu dengan mereka? Inilah yang dinamakan brand positioning, yaitu strategi yang kamu jalankan untuk menunjukkan pada publik apa yang membedakanmu dengan kompetior.
Ketika kamu memiliki brand yang kuat, persepsi yang baik dan diingat publik, promosi akan lebih mudah dilakukan. Konsumen akan cenderung memilih brand yang kuat ataupun yang diingatnya. Selain itu, dengan adanya brand yang kuat, adanya kecenderungan untuk mendapatkan konsumen yang baru ataupun repeat buyer.
Brand adalah indentitas yang bisa dijadikan pembeda pada suatu produk dengan produk yang sejenis lainnya. Oleh karena itu, dengan adanya brand, konsumen dapat memilih produk mana yang akan dibeli atau dikonsumsi. Jadi, semakin kuatnya suatu brand, konsumen akan cenderung memilihnya dan mudah dibeadakan dengan kompetitor.
Branding adalah suatu kegiatan yang bisa menciptakan ataupun memperkuat image dalam sebuah produk. Image dapat dibangun dari unsur-unsur branding. Misalnya, melalui nama merek, logo, tampilan visual, penggunaan juru/influencer/brand ambassador, suara atau jingle, dan juga dari tagline. Selain itu, image juga dipengaruhi oleh prestige, dan juga jaminan kualitas dari suatu produk.
Hampir semua konsumen pasti memilih suatu brand yang sudah establish atau dikenal secara luas. Jadi, brand yang kuat tentunya bisa mengendalikan pasar karena konsumen cenderung memilih brand yang sudah dikenalnya. Oleh karena itu, pada poin pertama disebutkan bahwa tujuan dari branding yaitu untuk daya tarik konsumen. Dengan begitu, branding bisa menciptakan brand yang kuat sehingga bisa mengendalikan pasar.
Jenis branding yang pertama ialah personal branding, yaitu upaya yang dilakukan oleh individu dalam membentuk citra yang menggambarkan keunikan dirimu. Sama seperti branding sebuah produk, salah satu tujuannya adalah untuk membuat dirimu lebih menonjol dan unggul dibanding yang lain. Itulah mengapa, personal branding berperan penting dalam hal mencari pekerjaan.
Nah, jenis yang satu ini mungkin paling banyak diketahui oleh banyak orang. Perusahaan yang sedang berusaha menyampaikan pesan positif mengenai produknya berarti sedang melakukan product branding. Produkmu pasti memiliki banyak manfaat bagi konsumen. Namun, tanpa strategi branding yang baik, manfaat tersebut tidak bisa tersampaikan pada mereka secara optimal.
Service branding lebih berfokus pada layanan yang kamu tawarkan pada calon konsumen. Tantangannya cukup sulit karena tidak seperti product branding, pelayanan merupakan sesuatu yang tak berwujud. Jadi, kamu perlu memikirkan taktik lain agar publik tetap bisa memahami keunikan dan pentingnya layanan yang perusahaanmu sediakan.
Produk dan layananmu sudah berkualitas dan diskuai orang, tetapi perusahanmu melakukan praktik kurang etis atau memiliki track record yang buruk. Apa yang akan terjadi? Perlahan, orang-orang pasti mulai meninggalkan produkmu dan mencari perusahaan lain dengan brand value yang lebih baik. Jadi, perusahaan juga butuh strategi branding yang menunjukkan bahwa mereka melakukan bisnis dengan etis dan mampu menjaga hubungan baik dengan seluruh publiknya, baik internal maupun eksternal.
Di kotamu pasti terdapat banyak sekali jenis cafe. Akan tetapi, kamu pasti merasakan hal yang berbeda ketika mampir di cafe A dan cafe B. Hal ini juga terjadi pada usaha-usaha retail. Salah satu upaya yang harus dilakukan agar pembeli mau berkunjung lagi ke tokomu adalah dengan melakukan retail branding.
Retail branding meliputi berbagai strategi, di antaranya:
mengatur playlist musik yang akan diputar
menentukan lighting yang sesuai
Pentingnya Branding untuk Perusahaan
Salah satu tujuan dari branding yaitu untuk menciptakan suatu image yang baik pada publik, yang akan berpengaruh pada kepopuleran sebuah brand. Misalnya, ketika ingin membeli mie instan, kamu lebih sering mengatakan Indomie. Padahal Indomie adalah nama brand dari sebuah perusahaan mie instan.
Hal ini bisa terjadi karena brand tersebut sudah melakukan branding sejak dahulu dan hasilnya bisa terlihat dalam jangka panjang. Namun, kamu sudah tahu jika branding juga bertujuan sebagai pembeda antara produk sejenis. Contoh, kamu pasti sudah pernah mencoba atau mendengar Maicih.
Maicih adalah suatu brand dari beragam makanan ringan asli Indonesia yang memiliki tingkat level kepedasan berbeda. Mulanya, Maicih hanya dipasarkan dari mulut ke mulut dan hanya dikemas seadanya. Lambat laun, nama Maicih terus melambung yang akhirnya melakukan proses branding. Misalnya, mengganti kemasan, membuat logo, membuat akun media sosial, dan juga beriklan di beragam media. Hingga kini Maicih dikenal sebagai brand kerupuk pedas yang memiliki tingkat kepedasan. Padahal di Indonesia banyak sekali bisnis snack serupa, tetapi Maicih-lah yang terkenal sampai sekarang.
Nah, setelah mengetahui 2 contoh di atas, kamu bisa paham, kan, kalau branding adalah kunci untuk menuju kesuksesan dalam sebuah bisnis? Branding yang tepat akan membuat suatu brand menjadi terkenal dan bisa berimbas untuk memudahkan marketing dan menaikkan sales. Selain itu, branding juga akan memberikan bisnis yang kamu jalankan memiliki posisi yang kuat dalam industri yang sama.
Misalnya, ketika kamu ingin keripik pedas, kamu pasti langsung teringat Maicih. Dengan terkenalnya Maicih, maka segala usaha pemasaran yang dilakukan pun menjadi lebih mudah. Kepercayaan terhadap brand juga akan meningkat karena brand Maicih sudah dikenal secara positif dan lebih dipercaya.
Comments
Post a Comment